+ -

Pages

Minggu, 11 Desember 2016

Saya kasih judul CARA menyimpan dan mengambil data FOTO , lain dari pada yang lain.


Dari gambar di damping sobat bisa reka-reka, kiranya sedang ngapain ya 2 orang yang ga kelihatan ini. Tentunya sedang ngobrol dengan topik yang mungkin rada njlimet  hehehe .... ndean. Sobat, Mungkin hanya saya, Bloger yang berangkatl dari sama sekali enggak ngerti Komputer.Nol besar. Bener…..Pertama kali di ajak ke warnet oleh teman, Jangan kan buka-buka alamat web, Pegang Mouse saja jari gemetere minta ampun. Maklum, Wong ndeso, kalau minjem bahasane TUKUL ARWANA.. Tapi dari pengalaman tersebut, saya terpacu untuk bisa belajar mengoperasikan computer, Jangan harap Indonesia maju kalau rakyatnya enggak ngerti dunia maya didit-didit acan. He…he….he……..Setelah dikit-dikit ngerti cara pengoperasian computer dan mengenal dunia Internet, lama-lama kok ketagian.juga. Terus keasikan. Sampe ahirnya saya ngerti juga apa yang namanya BLOG. Tekpikir bagus juga nih Manfaat Blog. Ibarat kita memiliki sebuah Penerbitan surat kabar yang jangkauanya tak terbatas. Semua isi kolong langit bisa kita capai. Hebat kan daya jangkau Internet. Semua pemikiran yang kita punya bisa kita tuangkan. Akhirnya Saya pun mencoba membuat Blog. Saya nanya kesana kemari, gimana caranya bikin blog. Dan alhamdulillah walaupun asal-asalan dan apa adanya, seperti yang anda liat ini Saya mampu membuat blog. Semua berkat Tutorial yang sampean tulis sobat. Terima kasih yaa…Khususnya sama kang Rohman ( tutorial cara membuat blog pertama yang saya baca ). Juga teman yang lain, Fatih suhud, ayip, Om Oo, Jitu dan lainnya yang tidak saya sebut namanya karena engga hafal. Sekali lagi Terima kasih Matur Nuwun .Sekarang persoalanya, setelah saya punya BLOG mau kita isi dengan artikel apa, mengingat saya tidak mempunyai sedikit pun keahlian yang kayaknya layak saya pamerkan. Maklum , sekali lagi WONG NDESO.
Setelah melalui proses pemikiran dan perenungan yang panjang, serta di niatkan untuk memanfaatkan media blog ini demi kemajuan perBLOGAN. Dan juga mengendus topik apa yang selalu In dan ramai di cari orang,  Serta maafaat yang bisa langsung di rasakan, saya memutuskan untuk memposting tema Tutorial. Ini pun kayaknya sejalan dengan anjuran sobat-sobat yang lebih senior dalam perblogan lewat artikel-artikel yang mereka posting.Yang intinya mereka mengajak rekan-rekan bloger untuk selalu memperbagus blog baik dari
segi tampilan maupun isi.OK saya mulai saja Tutorial pertamaku. Saya kasih juduk
Cara Menyimpan Gambar dan Video lain dari pada yang lain......sambung besok yah
OK kita mulai…..

Saya kasih judul CARA menyimpan dan mengambil data FOTO , lain dari pada yang lain.

Ide ini sebenarnya datang secara tidak di sengaja, yaitu ketika saya rada kesulitan ( saking bodone ) menyimpan foto di Album Picaso. Ketika saya membuat akun di Album picaso ,entah karena apa, data saya selalu di tolak oleh server. Saya terus berpikir gimana caranya menyimpan foto tapi tidak melalui proses yang njelimet seperti itu ( bagi saya buat akun juga njelimet …he…he…he ) Tak di sengaja pula ketika saya sedang mengedit sebuah artikel yang ada fotonya dib log , Pada posisi edit, saya menemukan data FOTO di artikel tersebut. Saya coba copy dan paste ke sebuah buget nafbar….Cepret dan ….eh foto tersebut nongal di nafbar. Tambah penasaran saya mengapload sebuah video, seperti di atas saya kopy data video, trus saya paste ke nafbar. Bagus juga nih….Video pindah ke nafbar. Kesimpulan saya adalah, saya menemukan sebuah tempat untuk menyimpan data yang sangat mudah. Gito bat ( maksudnya sobat ). Mudeng ngga bat ..? Kalau masih bingung, Ini artikel baru Mukadimah, Nanti saya jelasin di bawah ini sejelas-jelanya.

Langkah pengerjaan

1.

Sabaiknya sobat mempunyai sedikitnya dua blog. Satu khusus untuk menyimpan data, Bisa foto ataupun video ( blog sekunder ), dan yang lainya ( blog primer ) adalah blog yang akan di publikasikan. Kita siapkan Foto atau Video yang akan di apload. Kita masuk dulu pada akun blog, Setelah masuk, klik pada Entri baru ( Blog sekunder ). Masukan judul ( biar gampang mengenali waktu proses edit ) terus foto ataupun Video yang telah kita persiapkan kita apload, tunggu sampai selesai proses apload, setelah proses selesai kita klik simpan tapi jangan di terbitkan , tapi di draf . Ingat di DRAF. Proses pertama selesai.

2.


Misalkan kita mau menghias nafbar Blog primer kita dengan foto atau video Kita tinggal ambil data di blog sekunder. Caranya adalah, Kita masuk blog sekunder. Pada posisi edit entri. Klik judul pada posting yang pernah kita isi dengan gambar atau video.Terus Klik lihat. Terus klik HTML…….tet…tet…tet…data sudah nampak di depan mata. Tinggal kopy, seterusnya kita paste pada nafbar blog primer. Lebar dan tinggi foto atau video di sesuaikan nafbar. Untuk mengenali bahwa itu adalah data foto adalah kalau ada tulisan < img…………… > Sedangkan data Video kita kenali dengan adanya tulisan 


Yang menentukan tinggi foto pada data di bawah adalah: height= ‘ ….’
Dedangkan yang menentukan lebar foto pada data diatas adalah: width=’…’
Pada contoh data foto di bawah adalah tinggi 260 dan lebar 470 piksel.dengan bingkai 0 alias tidak pakai bingkai. Mudeng ora…? Moga-moga mudeng. Sekian dulu yah… end sobat boleh nanya, kalau saya mampu saya jawab. Kalau ga mampu, nunggu saya nanya dulu sama sobat yang lain….eng..ing..eng.

 Ini contoh code data foto di atas

5 pastimudeng: Saya kasih judul CARA menyimpan dan mengambil data FOTO , lain dari pada yang lain. Dari gambar di damping sobat bisa reka-reka, kiranya sedang ngapain ya 2 orang yang ga kelihatan ini. Tentunya sedang ngobrol dengan to...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Isi Komentar Demi Perbaikan Blog Ini

< >